Home / Info Dunia Islam / 10 Keutamaan Surah Ar-Rahman yang Wajib Diketahui Muslim
10-keutamaan-surah-ar-rahman-yang-wajib-diketahui-muslim

10 Keutamaan Surah Ar-Rahman yang Wajib Diketahui Muslim

10 Keutamaan Surah Ar-Rahman yang Wajib Diketahui Muslim

MENDAPAT ridho Allah ada pada keutamaan Surah Ar-Rahman, Surat Ar-Rahman dikenal dengan nama Arus Al-Quran, yang secara harfiyah berarti pengantin Al-Quran. Ar-Rahman merupakan salah satu surat yang turun di Kota Makkah. Surat ini terdiri dari 78 ayat dan termasuk surat ke-55 dalam Al-Quran.

Tak heran jika ada begitu banyak manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang. Nikmat yang Allah sampaikan dalam surat Ar-Rahman tak hanya ditujukan pada manusia, melainkan jin dan segala makhluknya. Penjelasan mengenai 10 Keutamaan Surah Ar-Rahman:

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Mendapat rida Allah SWT

Keistimewaan Al-Quran, Keutamaan Surah Ar-Rahman
ilustrasi, coto: unsplash

Manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang akan membuat seseorang lebih diridai Allah SWT atas segala tindakannya. Begitu pun membuat Allah SWT semakin mencintai segala kelemahan hambanya.

Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk sekadar membacanya di waktu senggang. Lama kelamaan pasti akan menjadi kebiasaan dan bahkan membuatmu meluangkan waktu.

Dalam tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Barang siapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Mengingatkan bahwa Allah memiliki sifat Ar-Rahman

Isi surat Ar-Rahman adalah penjabaran segala nikmat Allah yang sangat banyak. Pun menjelaskan bahwa Allah Ar-Rahman. Sehingga mengingatkan kita untuk bersifat kasih sayang pula terhadap Allah dan terhadap sesama makhluk. (baca : sifat-sifat Allah dan asmaul husna)

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Syafaat di hari kiamat

Untuk bisa merasakan manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang, coba sesekali bangun di sepertiga malam. Waktu senggang yang sebenarnya dan membuatmu semakin dekat kepada Rabb sang pencipta.

Manfaatnya pun tak main-main. Seorang hamba yang menyempatkan membacanya di malam hari atau sepertiga malam akan mendapat syafaat di hari kiamat.

Bahkan Allah SWT akan membuatmu berjumpa dengannya di hari kiamat. Tentu saja dengan wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum sejagat raya.

Rasulullah ﷺ bersabda:

“Pada saat itu Allah berfirman: siapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalau ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Ar-Rahman dapat membantu kita untuk memperbanyak memuji Allah

Kata “Ar-Rahman” sendiri telah membantu kita memuji Allah dengan makna bahwa Allah Maha Pemurah. Apalagi jika membaca Ar-Rahman dengan sepenuh hati berserah diri kepada Allah. Betapa banyak keutamaan yang akan kita dapat.

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Lebih bersyukur

Ada ayat yang diulang dan itu tentang rasa syukur yang dipertanyakan Allah SWT kepada hambanya. Melalui ayat fa bi ayyai ala i rabbikuma tukazziban. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dusta, kan?

Niscaya akan membuat siapa saja yang membacanya mengingat betapa baik Allah SWT kepada setiap manusia. Rasa syukur yang besar akan tertanam sebagaimana manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang.

Membacanya dengan sepenuh hati, akan membuat pembacanya tak lagi mampu mengkufuri nikmat. Sebab kesadaran akan karunia hidup sebagai manusia yang merdeka akan muncul secara alami dalam jiwa pembacanya.

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Mengingatkan kita untuk tidak mengkufuri nikmat

Telah dijelaskan bahwa ayat Ar-Rahman menjabarkan banyak nikmat. Diantaranya ayat ke 3 “telah menciptakan manusia”. jika kita membaca dengan sepenuh hati, kita tidak akan lagi mengkufuri nikmat karena hidup kita adalah berkat Allah. Kita adalah ciptaan Allah yang segala dalam hidup adalah diberi olehnya.

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Mengingatkan bahwa ada makhluk lain selain manusia yang beribadah pada Allah

Yaitu Jin yang juga memiliki nabi Muhammad sebagai Rasul. Bahwa ciptaan Allah tidak hanya terbatas pada sesuatu yang tampak. Kerajaan Jin dan alam-alam yang tidak tampak pun Allah lah yang menciptakan.

Jabir berkata: Nabi Muhammad ﷺ keluar menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan kepada mereka surah Ar-Rahman dari awal hingga akhirsurah, dan mereka semua terdiam. Beliau berkata: “aku telah membacakannya kepada Jin pada malam berkumpulnya mereka, dan mereka meresponnya dengan jawaban yang lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban(maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)mereka berkata kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi Mu segala Puji.” (H.R. Tirmidzi)

Dalam hadits ini Nabi Muhammad ﷺ mengajarkan kepada sahabatnya bagaimana caranya memikirkan dan merenungkan Al-Quran; ketika mereka mendengar suatu ayat didalamnya mengandung pertanyaan. Al Thibbi berkata diamnya sahabat yang mendengar bacaan Nabi sama dengan jawaban yang baik. Pernyataan ini ditegaskan kembali oleh Ibnu Al Malik yang berkata diamnya mereka kedudukannya sama dengan pengakuan mereka bahwa dari bangsa jin dan manusia ada yang mendustakan ayat-ayat Allah. Namun, dari bangsa jin menyangkal adanya pendustaan mereka terhadap Allah.

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Mengingatkan bahwa manusia adalah pelupa

Pengulangan ayat “fabiayyi aalaa’i Robbikuma tukadziban” adalah untuk mengingatkan bahwa manusia adalah pelupa. Ayat tersebut adalah kalimat tanya yang menuntut jawaban manusia yang mengingat ketika membaca ayat itu.

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Mati syahid

Banyak orang tak menyadari manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang. Padahal membacanya, selain dapat menenangkan juga dapat menyelamatkan.

Membaca surat Ar-Rahman adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan seorang hamba kembali pada Rabbnya dalam keadaan sebaik-baiknya. Mati syahid bisa didapat bagi yang rajin membaca dan merenungi setiap maknanya.

Dalam Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda:

“Barang siapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan, kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satu pun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (HR. Imam Ja’far)

Keutamaan Surah Ar-Rahman: Diridhoi oleh Allah atas nikmat apa saja yang diberikan pada kita

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ, Keutamaan Surah Ar-Rahman
ilustrasi, foto: unsplash

Dalam tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah ﷺ bersabda: “barang siapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya.” Hadits tersebut semakin menguatkan keutamaan surat Ar-Rahman. []

SUMBER: LIPUTAN6 | DALAMISLAM

10 Keutamaan Surah Ar-Rahman yang Wajib Diketahui Muslim

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *