Home / Info Dunia Islam / 10 Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati
10-resep-menghapus-dosa-dan-penyakit-hati

10 Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati

10 Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati

BETAPA indahnya Allah memberikan petunjuk pada segala yang terjadi, termasuk soal dosa dan penyakit hati. Ternyata ada resep khusus untuk menghapus dosa dan penyakit hati yang harus diketahui oleh setiap muslim.

Hal ini agar setiap muslim dapat memperbaiki diri dan menjauhi segala dosa dan penyakit hati yang ada. Berikut Resep menghapus dosa dan penyakit hati menurut dari Hasan al-Basri:

1. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Ambillah Akar Pohon Kefakiran dan Akar Tawadhu

Kefakiran dan tawadhu atau kerendahan hati adalah ibarat pohon yang memiliki nilai yang tinggi di sisi Allah. Ada juga akar sebagai bagian terpenting bagi kehidupan pohon tersebut.

Maka, ambillah bagian yang paling penting di hidup ini, yaitu rasa ikhlas pada kefakiran dan tawadhu karena itu sangat tinggi di sisi-Nya. Ini bisa dilakukan dengan menerima segala yang Allah berikan.

2. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Campurkan dengan Akar Tobat

Rasulullah ﷺ bersabda, “Orang yang bertobat dari dosa itu seperti orang yang tidak berdosa.”

Maka, dengan tobat dapat membersihkan diri dari dosa. Dan jika Allah mencintai hamba tersebut, dirinya pasti tidak akan terjerumus dalam dosa.

3. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Masukan Ketiga Hal di Atas dalam Lesung Ridha

Menganai ridha, an-Nawawi berkata, “Sifat ridha itu adalah rasa senang hati saat menghadapi pahitnya ketetapan Allah (qadha).

Maka perlu keridhaan yang tinggi dalam menerima dan menjalankan seluruh perintah-Nya. Juga menentramkan hati dalam menjalani segala keputusan Allah dan menerimanya dengan senang.

Semoga Allah pun memberikan keridhaan bagi hamba-Nya.

BACA JUGA: Inilah 4 Macam Dosa Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziah

4. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Haluskan Semuanya dengan Timbuk Qana’ah

Qana’ah itu seperti tumbuk, karena banyak ulama mengatakan bahwa maksud qana’ah adalah tidak memedulikan sesuatu yang tidak ada dan merasa cukup dengan sesuatu yang ada.

Maka teruslah bersyukur dengan segala nikmat yang Allah berikan dan yakini bahwa ini yang terbaik bagi setiap hamba.

5. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Masukan Racikan Tadi pada Panci Ketakwaan

Foto: Unsplash

Karena hal-hal di atas haruslah dapat menguatkan seorang hamba kepada ketakwaan yang kokoh.

Allah Ta’ala berfirman:

“Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dari seorang diri.” (QS. An-Nisa: 1).

6. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Tuangkan Air Rasa Malu di Dalamnya

Rasa malu sangat penting dimiliki oleh seorang hamba. Bagaimana tidak, dengan malu seorang hamba akan enggan bermaksiat, enggan membangkang dan enggan untuk mengulangi dosa-dosanya lagi.

Karena ia malu dengan Allah yang telah memberikan nikmat yang laur biasa. Maka muslim hendaknya malu ketika berbuat dosa. Karena ini bukanlah kebanggaan, bahkan Maha Baiknya Allah juga yang telah menutup aib seorang hamba-Nya.

7. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Didihkan Air Tersebut dengan Api Mahabbah

Foto: Unsplash

Mahabbah adalah rasa cinta kepada Allah. Yaitu menganggap remeh sesuatu yang berasal dari diri walaupun sebetulnya banyak. Dan juga menganggap sesuatu dari Allah itu banyak atau berharga walaupun terlihat sedikit.

Maka segala kepemilikan hamba hendaknya diberikan kepada Allah dan hanya berharap kepada Allah untuk diberikan karunia-Nya. Tak lupa hendaknya untuk selalu memandang betapa luasnya rahmat Allah.

8. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Tuangkan Hasil Racikan Tersebut dalam Cangkir Syukur

Dengan segala hal yang dilakukan di atas, jangan sampai seorang hamba lupa untuk bersyukur kepada Allah. Karena Allah yang telah memberikan hal yang luar biasa itu kepada hamba-Nya.

Dengan rasa syukur, maka seorang hamba akan lebih menghargai dan berterima kasih akan segala nikmat yang Allah curahkan.

9. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Dinginkan Hasil Racikan dengan Rasa Penuh Harap

Foto: Unsplash

Seorang muslim hendaknya terus memupuk rasa harap kepada Sang Pencipta yaitu Allah Ta’ala. Dengan itulah Allah melihat kesungguhan hamba-Nya dalam bersandar kepada-Nya.

Hanya kepada Allah seorang hamba berharap, karena hanya Allah yang dapat mendengar harapan seorang hamba, memberikan jalan dan segala yang terbaik. Maka yakinlah kepada Allah.

10. Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati: Minumlah Ramuan Tersebut dengan Sendok Pujian kepada Allah

Betapa luar biasanya Allah memberikan banyak hal pada seorang hamba. Maka sebagai muslim hendaknya kita memuji Allah dengan penuh ketulusan.

Jika seorang hamba telah sanggup melakukan sepuluh hal di atas, niscaya ia akan mendapatkan keselamatan dari setiap penyakit dan bencana dunia serta akhirat.

SUMBER: Nasha ‘ih al-‘ibad fi Bayani Alfahzi al-Munabbihat’ala Isti’dad Li Yaum al-Ma’ad | Oleh: Syekh Nawawi al-batani | Penerjemah: Fuad Saifudin Nur | WALIPUSTAKA | 2016

10 Resep Menghapus Dosa dan Penyakit Hati

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *