Home / Info Dunia Islam / 3 Keutamaan Memelihara Al-Quran
3-keutamaan-memelihara-al-quran

3 Keutamaan Memelihara Al-Quran

BAGI seorang muslim, Al-Qur’an merupakan suatu hal yang teramat penting. Yaitu sebagai petunjuk, sandaran dan pelita yang menerangi jalan kehidupan. Maka penting sebagai seorang muslim untuk mengetahui keutamaan memelihara Al-Quran..

Tapi sayangnya, banyak seorang muslim yang malah acuh dan enggan untuk memelihara Al-Qur’an. Padahal Allah memerintahkan kita untuk selalu memelihara Al-Qur’an.

Karena hanya dengan Al-Qur’an-lah yang membuat kita mampu untuk menghidupkan jiwa dan menentramkan hati.

Lantas apakah sebagai seorang muslim kita sudah mengetahui keutamaan dari memelihara Al-Qur’an?

Berikut tiga keutamaan memelihara Al-Qur’an yang harus kita ketahui!

1. Keutamaan Memelihara Al-Quran: Mendapat Petunjuk

Al-Qur’an memberikan petunjuk kepada kaum muslim yaitu dengan memberikan jalan yang lurus dan benar. Seperti yang tertera di dalam Al-Qur’an

”Sungguh, Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al-Isra 9)

Maka bagi siapa saja yang menjaganya dan mengerjakannya akan mendapatkan petunjuk yang nyata dari Allah SWT. Bukan hanya itu, tapi juga mendapat pahala yang besar.

Surat Al-Waqiah Keutamaan Membaca Al-Quran Saat Shubuh https://www.google.com/amp/s/www.popbela.com/career/inspiration/amp/romi-subhan/adab-membaca-alquran, Keutamaan Memelihara Al-Quran
Foto: Freepik

Terlebih seorang muslim yang seringkali merasa bingung akan segala perjalanan hidup dan tak jarang menemui jalan buntu pada permasalahan yang hadir, maka Al-Qur’an hadir untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Seperti yang tertera dalam QS. Ibrahim 14

”Alif Lam Ra. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji.”

Dengan ini, Al-Qur’an hadir untuk memberikan solusi bagi keresahan seorang muslim, mulai dari menjelaskan persoalan terkecil hingga terbesar.

2. Keutamaan Memelihara Al-Quran: Menjadi Orang Terbaik

Bukan hanya akan mendapatkan petunjuk, tapi seorang muslim bisa menjadi orang terbaik seperti sabda Rasulullah SAW

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (Hadits Riwayat Al-Bukhari dari Utsman bin Affan)

Ini menujukan bahwa sebagai seorang muslim kita sangat perlu untuk memelihara Al-Qur’an. Memelihara Al-Qur’an yaitu bisa dilakukan dengan mempelajari dan juga mengerjakannya.

Karena tak jarang, seorang muslim membaca Al-Qur’an berkali-kali tapi di waktu yang seringkali malas untuk mempelajarinya apalagi mengerjakannya.

Maka tak heran bila hari ini Al-Qur’an sangat jauh dari genggaman seorang muslim. Padahal seharusnya Al-Qur-an selalu menjadi aturan yang diaplikasikan oleh setiap muslim. Itu lah pentingnya untuk selalu memelihara Al-Qur’an.

3. Keutamaan Memelihara Al-Quran: Memberi Syafa’at

Sebagaimana yang tertera di dalam HR. Muslim

“Bacalah Al-Qur’an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafa’at kepada pembacanya.”

Dengan itu, menunjukan bahwa memelihara Al-Qur’an dapat menjadikan Al-Qur’an sebagai pembela dan mengantarkan seorang muslim ke dalam surga-Nya Allah SWT

“Al-Qur’an adalah kitab yang menjadi pembela dan bisa diminta pembelaan, ia adalah kitab yang Mâhil dan Mushaddaq. Siapa saja yang menjadikan al-Quran ada di depannya, maka ia akan menuntunnya ke surga. Tapi siapa saja yang menjadikan al-Qur’an di belakangnya, maka ia akan menggiringnya ke neraka.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya dari Jabir bin Abdullah ra. Dan riwayat Baihaqi dalam kitab Sya’bul Iman dari Jabir dari Ibnu Mas’ud ra. Ini adalah hadits shahih)

Bila sampai hari ini kita masih enggan untuk memelihara Al-Qur’an, dengan itu pula kita melewatkan keutamaan yang luar biasa yang sudah Allah sediakan untuk khusus untuk seorang muslim. Bahkan bisa sampai menggiring seorang muslim ke neraka.

Dengan kita mengetahui keutamaan-keuntamaan di atas, maka seharusnya memberikan semangat yang lebih tinggi lagi untuk selalu memelihara Al-Qur’an.

Kandungan Surat Al-Kafirun⁣⁣, Ayat-ayat Al-Quran dan Hadist tentang Jujur, Keutamaan Memelihara Al-Quran
Foto: Pinterest

BACA JUGA: Berikut Ayat-ayat Al-Quran Tentang Janji Allah

Memelihara Al-Qur’an bisa dilakukan dengan membacanya, mengamalkannya dan mengajarkannya kepada orang lain.

Semua itu agar kita bisa merasakan begitu luasnya ilmu Islam, begitu lengkapnya solusi yang Allah berikan dan tentunya agar bukan hanya dirasakan sendiri melainkan diraskan pula oleh orang banyak. Maka perlu juga untuk mendakwahkannya.

Karena memelihara Al-Qur’an merupakan suatu hal yang diperlukan. Hal itu agar kaum muslim tidak jauh dari Al-Qur’an dan terus menggenggamnya di mana pun dan kapanpun. Serta agar Al-Qur’an dapat selalu ada di dalam hati seorang muslim. []

SUMBER

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *