Home / Info Dunia Islam / 4 Keutamaan Sedekah Shubuh
4-keutamaan-sedekah-shubuh

4 Keutamaan Sedekah Shubuh

4 Keutamaan Sedekah Shubuh

KEUTAMAAN Sedekah Shubuh adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal, atau perbuatan baik.

Sedekah tidak dibatasi oleh waktu dan jumlah. Ulama fikih bersepakat sedekah hukumnya sunnah. Salah satu dalil yang mendasarinya terdapat dalam QS Al Baqarah berikut:

“Dan jika (orang berutang itu) dalam kesulitan, maka berilah tenggang waktu sampai dia memperoleh kelapangan. Dan jika kamu menyedekahkan, itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 280)

Umumnya kita memberi sedekah dalam bentuk materi berupa uang maupun sembako. Ternyata dalam Islam berbagai macam pemberian yang bertujuan untuk kebaikan bisa dianggap sebagai sedekah.

Suatu hari, sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad ﷺ bagaimana orang yang kekurangan bisa bersedekah. Rasulullah ﷺ menjawab:

“Hendaklah ia berusaha dengan tenaganya hingga ia memperoleh keuntungan bagi dirinya, lalu ia bersedekah (dengannya).” Mereka bertanya lagi, “Jika ia tidak memperoleh sesuatu?” Jawab Rasulullah ﷺ, “Hendaklah ia menolong orang yang terdesak oleh kebutuhan dan yang mengharapkan bantuannya.” Mereka bertanya lagi, “Dan jika hal itu tidak juga dapat dilaksanakan?” Rasulullah ﷺ bersabda, “Hendaklah ia melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, karena hal itu merupakan sedekahnya” (HR Ahmad bin Hambal).

Keutamaan Sedekah Shubuh
Ilustrasi, Foto: Unplas

Berikut empat Keutamaan Sedekah Shubuh bagi umat Islam:

Keutamaan Sedekah Shubuh: Membersihkan Harta

Keutamaan Sedekah Shubuh
Ilustrasi, Foto: Unplash

Setiap Muslim sudah sepatutnya berhati-hati, karena mungkin saja harta yang diperoleh bercampur dengan yang tidak halal. Apabila seseorang sudah sangat yakin hartanya halal, ia juga tetap dianjurkan untuk bersedekah khususnya saat Subuh.

“Dan dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanaman-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin), dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-An’am: 141).

Keutamaan Sedekah Shubuh: Mendapat Pahala Berlipat

Seseorang yang selalu ikhlas memberikan sebagian hartanya demi kebaikan akan memperoleh ridha Allah terus-menerus. Tak hanya itu, ia juga diganjar pahala berlipat. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah yang berbunyi:

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِيْ كَيْفَ تُحْيِ الْمَوْتٰىۗ قَالَ اَوَلَمْ تُؤْمِنْ ۗقَالَ بَلٰى وَلٰكِنْ لِّيَطْمَىِٕنَّ قَلْبِيْ ۗقَالَ فَخُذْ اَرْبَعَةً مِّنَ الطَّيْرِفَصُرْهُنَّ اِلَيْكَ ثُمَّ اجْعَلْ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنْهُنَّ جُزْءًا ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِيْنَكَ سَعْيًا ۗوَاعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌحَكِيْمٌ ࣖ.

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Allah berfirman, “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Dia (Allah) berfirman, “Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. (QS. Al-Baqarah: 260)

Keutamaan Sedekah Shubuh: Salah Satu Kunci Pintu Surga

Seseorang yang ingin masuk surga harus mengerjakan amal saleh secara istiqamah. Sebagaimana diketahui, surga itu memiliki banyak pintu. Sebagaimana hadist berikut:

“Barangsiapa menyedekahkan dua pasang kuda fisabilillah, niscaya akan dipanggil di surga kelak; Wahai hamba Allah, inilah kebaikan. Jika ia ahli shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Jika ia ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika ia ahli sedekah ia akan dipanggil dari pintu sedekah. Dan jika termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu Ar- Rayyan” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Sedekah Shubuh: Menjadi Penaung Pada Hari Kiamat

Di hari akhir, jarak matahari sangat dekat dan tidak ada tempat untuk bernaung. Saking teriknya, manusia akan tenggelam dalam keringatnya sendiri. Hanya orang-orang saleh yang akan diberi perlindungan.

Dalam hadits tentang tujuh golongan yang akan dinaungi di Padang Mahsyar saat hari kiamat, Rasulullah ﷺ bersabda: “Dan seseorang yang bersędekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. AI-Bukhari dan Muslim). []

SUMBER: WIKIPEDIA I KUMPARAN

4 Keutamaan Sedekah Shubuh

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *