Home / IslamPos / 4 Tips Membiasakan Shalat Tahajud
4-tips-membiasakan-shalat-tahajud

4 Tips Membiasakan Shalat Tahajud

4 Tips Membiasakan Shalat Tahajud

SHALAT  tahajud merupakan ibadah yang istimewa. Adakah tips membiasakan shalat tahajud? Mengingat ibadah shalat sunah ini dikerjakan di waktu malam, kala kebanyakan orang sedang terlelap.

Banyak yang kesulitan bangun untuk mengerjakan shalat tahajud. Padahal, orang yang rajin mengerjakan tahajud disebut sebagai ibadurrahman, hamba yang Allah cintai.

Keistimewaan shalat tahajud juga disebut dalam QS Al-Isra ayat 79.

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏

Wa minal-laili fa tahajjad bihi nafilatal laka ‘asa ay yab’asaka rabbuka maqamam mahmuda

“Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al Isra :79)

Shalat tahajud sebenarnya dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu shalat isya’ hingga masuk waktu shalat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.

BACA JUGA: 9 Manfaat Shalat Tahajud bagi Kesehatan Tubuh

Nah, berikut tips membiasakan shalat tahajud:

Tips membiasakan shalat tahajud: Paksakan Diri

Paksakan diri untuk tahajjud, suka atau tidak,ringan ataupun berat, paksakan diri untuk bangun tengah malam menjelang subuh.

Tips membiasakan shalat tahajud: Jadikan Kebiasaan

Beberapa bentuk paksaan akan berubah menjadi ‘kebiasaan’. Kita akan merasa aneh jika tidak tahajjud, kita akan terbiasa bangun saat jam tahajjud, walaupun tanpa alarm.

Tips membiasakan shalat tahajud: Jadikan Keharusan

Kebiasaan yang berterusan di lakukan akan berubah menjadi ‘kemestian’. Kita mesti dan harus shalat tahajud. Di tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta tahajud, lalu akan merasa rugi jika tidak tahajud.

BACA JUGA: Inilah 6 Keutamaan Shalat Tahajud Menurut Alquan dan Hadits

Tips membiasakan shalat tahajud: Menikmati

Pada tahap ini tahajud sudah menjadi kemestian. Shalat tahajjud berlama lama adalah ‘kenikmatan’. Sedangkan ketika terlewat tidak tahajud akan membuat diri resah. Yang perlu kita lakukan adalah ‘istiqomah’ dan mengajak sebanyak banyaknya orang untuk tahajud agar mereka pun dapat merasakan nikmatnya bertahajud.

Rasulullah ﷺ bersabda:

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ

“Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR. Muslim)

Pada waktu inilah hati seorang muslim lebih lembut dan lebih mudah kembali kepada Allah serta akan ditingkatkan keimanannya Ibnu Taimiyyah berkata:

الناس في آخر اليل يكون في قلوبهم من التوجه و التقرب و الرقة ما لا يوجد في غير ذالك الوقت

“Manusia pada akhir malam, keadaan hatinya akan fokus dan dekat kepada Allah serta lembut, di mana tidak didapati keadaan ini kecuali pada waktu tersebut.” (Majmu’ Fatawa 5/130). []

SUMBER: SINDONEWS

4 Tips Membiasakan Shalat Tahajud

About admin

Check Also

Tak Menyerah setelah Ditolak, Chika Jessica Kekeh Ajak Song Joong Ki Menikah : newzhdus.com

JAKARTA – Aktor asal Korea Selatan, Song Joong Ki baru saja menyapa penggemarnya pada Minggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *