Home / Info Dunia Islam / 5 Manfaat Membaca Surat Al-Mulk
5-manfaat-membaca-surat-al-mulk

5 Manfaat Membaca Surat Al-Mulk

5 Manfaat Membaca Surat Al-Mulk

SURAT Al-Mulk yang artinya kerajaan adalah surah ke-67 dalam Al-Quran. Surah ini tergolong surat Makkiyah, terdiri atas 30 ayat. Manfaat membaca Surat Al-Mulk dijelaskan secara gamblang oleh Nabi dalam beberapa hadistnya.

Dinamakan Al-Mulk yang berarti Kerajaan di ambil dari kata Al-Mulk yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Surat ini disebut juga dengan At-Tabaarak yang berarti Maha Suci.

Banyak keutamaan-keutamaan yang bisa diperoleh dari membaca Al-Quran dan mengamalkannya. Umat islam yang konsisten dan istiqomah dalam membaca dan mengamalkan Al-Quran memiliki kemulian tersediri di hadapan Allah SWT bahkan Allah memberikan jaminan surga kepada mereka.

Membaca Al-Quran dapat menghindarkan seseorang dari hal-hal yang dapat menghapus amal dan dari dosa-dosa yang tidak terampuni serta menghilangkan penyebab hati gelisah. Keajaiban Al-Quran di dunia nyata pun kini sudah banyak dikenal dan membuat umat islam semakin mengimaninya termasuk para mualaf. Surat Al-Mulk dianjurkan untuk dibaca setiap hari khususnya sebelum tidur sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut :

Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At -Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az-Zubair dari Jabir bahwa, “Tidaklah Nabi Muhammad ﷺ tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil Surat As-Sajdah dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk Surat Al-Mulk ( HR. At-Tirmidzi)

Berikut beberapa keutamaan yang bisa kita peroleh dengan membaca surat AL Mulk :

Manfaat membaca Surat Al-Mulk
Ilustrasi, Foto: Unplas

Manfaat membaca Surat Al-Mulk: Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka

Keutamaan yang dapat diperoleh dari membaca surat Al-Mulk adalah dijauhkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih. Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan:
“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajall menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosulullah SAW (masih hidup) menamainya Al-Maniah (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i)

Melihat keterangan hadits-tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa memperbanyak membaca Surat Al-Mulk dapat menghindarkan seseorang dari siksa kubur dan siksa neraka.

Manfaat membaca Surat Al-Mulk: Menjauhkan diri dari maksiat

Dalam surat Al-Mulk disebutkan bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taap meskipun tidak ada yang melihat sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut Ini

Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah. ( QS. Al-Mulk : 12)

Pada intinya orang yang berima itu taat pada Allah SWT meskipun di kesunyian dan takut berbuat maksiyat kepada Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di

“Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.”

Manfaat membaca Surat Al-Mulk: Menjadikan kita sebagai orang yang bertawakkal

Dalam surat Al-Mulk ayat 15 di Allah juga menunjukkan disyariatkannya tentang perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki dengan berdagang, bertani, dsb. Ini menunjukkan bahwa tawakkal bukan berarti hanya berserah diri pada Allah melainkan juga bekerja dan berusahaAllah Ta’ala selanjutnya berfirman:

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezekinya.” (QS. Al-Mulk: 15)

Surat Al Waqiah Penghafal Quran, takwil, Manfaat Membaca Surat Al-Mulk
Foto: Freepik

Sebagaimana dijelaskan oleh Sahl At Tusturi, ”Barangsiapa mencela usaha (meninggalkan sebab) maka dia telah mencela sunnatullah (ketentuan yang Allah tetapkan). Barangsiapa mencela tawakkal (tidak mau bersandar pada Allah) maka dia telah meninggalkan keimanan. Tawakal juga membuat kita kuat dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh Allah SWT.

Manfaat membaca Surat Al-Mulk: Diganjar pahala berlipat

Dengan rajin membaca Surat Al Mulk pada tiap malam, maka mendatangkan banyak perbuatan baik dan pahala bagi orang yang membacanya. Perbuatan baik ini kemudian dilipatgandakan hingga 10 kali dan Allah SWT melipatgandakan bagi siapapun yang Dia kehendaki.

Manfaat membaca Surat Al-Mulk: Syafaat di Hari Kiamat

Surat Al-Mulk akan menjadi syafaat atau penolong yang memohon ampunan bagi orang yang rajin membacanya di Hari Kiamat kelak. []

SUMBER: MERDEKA I REPUBLIKA

5 Manfaat Membaca Surat Al-Mulk

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *