Home / Info Dunia Islam / 5 Pondasi Rasa Syukur, dan 7 Manfaatnya bagi Kesehatan
5-pondasi-rasa-syukur,-dan-7-manfaatnya-bagi-kesehatan

5 Pondasi Rasa Syukur, dan 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

5 Pondasi Rasa Syukur, dan 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

HAKIKAT rasa syukur ialah mengakui nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita, dengan disertai ketundukan, perendahan diri, dan kecintaan kita kepada Sang Pencipta dan Pemelihara alam semesta.

Oleh karena itu, barangsiapa yang tidak mengetahui adanya kenikmatan, dia tidak bersyukur. Barangsiapa yang telah mengetahui adanya kenikmatan namun tidak mengetahui Dzat yang memberikannya (yaitu Allah Ta’ala), dia tidak bersyukur.

Barangsiapa yang telah mengetahui adanya kenikmatan dan telah mengetahui Dzat yang memberikannya, namun mengingkarinya, dia telah kufur nikmat.

Barangsiapa telah mengetahui adanya kenikmatan dan Dzat yang memberikannya, juga tidak mengingkarinya, namun dia tidak tunduk, tidak mencintai-Nya, serta tidak ridho, maka dia tidak mensyukuri nikmat.

BACA JUGA: Bersyukur Kunci Bahagia

5 Pondasi Rasa Syukur, dan 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Foto: Pinterest

Dan, barangsiapa yang telah mengetahui adanya kenikmatan, dan mengetahui Dzat yang memberikannya, tunduk dan mencintai-Nya, ridho dengan-Nya dan pemberian dari-Nya, serta menggunakan kenikmatan tersebut untuk perkara-perkara yang dicintai-Nya dan ketaatan kepada-Nya, dialah orang yang mensyukuri nikmat.

Lima pondasi syukur yang harus kita ketahui:

1. Ketundukan kepada Allah,

2. Kecintaan kepada-Nya,

3. Pengakuan atas nikmat-nikmat-Nya,

4. Pujian kepada-Nya,

5. Penggunaan nikmat bukan untuk hal yang dibenci-Nya.

Apabila hilang satu poin dari poin-poin di atas, maka akan hilang satu pondasi syukur.

Syukur ialah dengan hati, lisan, dan anggota badan. Dengan hati, ialah tunduk, ridha, dan cinta. Dengan lisan, ialah memuji dan mengakui. Dengan anggota badan, ialah taat dan patuh. (lihat Madaarikus Saalikiin, hal. 244-246)

Rasa syukur ternyata bisa berdampak baik kepada kesehatan fisik dan mental seseorang. Berikut tujuh manfaat rasa syukur yang sebaiknya kita ketahui seperti dikutip dari Merdeka:

5 Pondasi Rasa Syukur, dan 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Foto: Unsplash

1. Tingkatkan Percaya Diri

Rasa syukur bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat membantu tingkatkan rasa percaya diri seseorang. Studi yang ada dalam Journal of Applied Sport Psychology tahun 2014 menemukan bahwa rasa bersyukur meningkatkan kepercayaan diri para atlit yang merupakan komponen penting untuk performa yang baik.

2. Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat selalu bersyukur yang selanjutnya adalah dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Mulailah untuk menuliskan rasa beryukur dalam jurnal, maka akan dapat meningkatkan kualitas tidur.

3. Meningkatkan Kesehatan Psikologis

Rasa syukur yang kita pupuk juga dapat bantu meningkatkan kesehatan psikologis. Rasa syukur bisa menghilangkan beberapa emosi buruk seperti rasa iri, marah, kecewa, hingga frustasi dan penyesalan. Rasa beryukur juga dapat meningkatkan kebahagian dan menurunkan depresi secara efektif.

4. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Manfaat bersyukur yang selanjutnya adalah dapat bantu meningkatkan kesehatan fisik. Studi tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Personality and Individual differences menunjukkan bahwa seseorang dengan rasa bersyukur mengalami sakit lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak.

5. Meningkatkan Interaksi Sosial

Sebuah studi yang dipublikasikan Emotion mengatakan bahwa ucapan terima kasih atau rasa syukur dengan sikap yang baik serta menunjukkan apresiasi dapat membantu Anda mendapatkan teman baru.

Dengan bersyukur, interaksi antara satu orang dengan orang lain juga dapat meningkat.

5 Pondasi Rasa Syukur, dan 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Foto: Unsplash

BACA JUGA: Sujud Syukur, Ini Ragam Bacaan dan Tata Caranya

6. Meningkatkan Empati dan Penurunan Agresi

Manfaat bersyukur yang selanjutnya adalah dapat bantu tingkatkan empati dan penurunan agresi. Studi dari Universitas Kentucky pada tahun 2012 mengatakan bahwa orang dengan rasa bersyukur biasanya akan memiliki perilaku sosial yang baik. Bahkan, ketika mendapatkan timbal balik perilaku tidak baik dari orang lain.

7. Mingkatkan Kekuatan Mental

Rasa syukur ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan mental. Studi yang pernah dilakukan pada tahun 2006 dalam Behavior Research and Therapy menemukan bahwa veteran perang Vietnam dengan tingkat rasa beryukur yang tinggi memiliki kemungkinan mengalami gangguan stress paska trauma lebih kecil.

Anda memiliki kemampuan dan kesempatan untuk menerapkan rasa bersyukur. Perasaan bersyukur ini merupakan salah satu cara mudah untuk meningkatkan kebahagian Anda dalam hidup. []

5 Pondasi Rasa Syukur, dan 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *