Home / IslamPos / 8 Amalan Cerdas Seorang Muslim yang Pahalanya Mengalir Setiap Waktu
8-amalan-cerdas-seorang-muslim-yang-pahalanya-mengalir-setiap-waktu

8 Amalan Cerdas Seorang Muslim yang Pahalanya Mengalir Setiap Waktu

dosa dan maksiat Harta Keutamaan Surat Al-Baqarahdan Dunia cara memanfaatkan umurSEORANG Muslim tentu berbeda dengan orang lainnya. Ada beberapa amalan cerdas yang dilakukan oleh seorang Muslim, setiap hari dan bahkan setiap waktu.

Manusia yang disebut cerdas dalam urusan dunia biasanya adalah orang yang terkenal pintar mencari harta ataupun kekayaan. Sementara manusia yang cerdas di dalam urusan akhirat adalah manusia yang pintar dalam beramal. Yakni bisa memilih kualitas dan kuantitas dalam beramal.

Memilih amal yang berat di timbangan

Ada beberapa kategori amal yang bisa memperberat timbangannya di akhirat.

1. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Akhlak yang baik

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sesuatu yang paling memberatkan dalam timbangan pada hari Kiamat adalah akhlak yang baik.”(HR. Ahmad 26275)

2. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Zikir “Subhanallah wabihamdihi subhanallahil ‘azhiim”

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Dua kalimat ringan dilisan, berat ditimbangan dan disukai Ar Rahman yaitu Subhaanallahul’azhiim dan Subhanallah wabihamdihi.”(HR. 5927)

3. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Tauhid dengan mengumpulkan syarat-syaratnya, yaitu keikhlasan, ketaatan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah akan menyelamatkan seorang laki-laki dari umatku di hadapan manusia pada hari kiamat, lalu dia membuka buku catatan besar di hadapannya, setiap buku catatan besar lebarnya seperti sepanjang mata memandang, kemudian Dia berfirman; ‘Apakah kamu mengingkari sesuatu dari ini? Apakah para penulisku yang menjaga (amal manusia) menzhalimimu? ‘ dia menjawab; ‘Tidak wahai Rabbku.’ Allah bertanya; ‘Apakah kamu mempunyai alasan dalih (bagi amal burukmu)? ‘ Dia menjawab; ‘Tidak wahai Rabbku.’ Allah berfirman; ‘Tidak demikian, sesungguhnya kamu mempunyai kebaikan di sisi Kami, karena itu tidak ada kezhaliman atasmu pada hari ini’. Lalu keluarlah kartu amal kebaikan, yang di dalamnya tercatat bahwa; saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan RasulNya.’ Lalu Allah berfirman; ‘Hadirkan amal timbanganmu! ‘ dia berkata; ‘Wahai Rabbku, apa (artinya) satu kartu amal ini (bila) dibandingkan buku catatan besar ini? ‘ Allah berfirman; ‘Sesungguhnya kamu tidak akan dizhalimi.’” Nabi melanjutkan; ‘Lalu diletakkanlah buku catatan besar pada satu sisi, sedangkan kartu amal diletakkan pada sisi lainnya, maka buku catatan besar itu ringan (timbangannya) sedangkan kartu amal itu berat, maka tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dibandingkan nama Allah.” (HR At-Tirmidzi no. 2563)

4. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Ucapan alhamdulillah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bersuci adalah setengah dari iman, alhamdulillah memenuhi timbangan, subhanallah dan alhamdulillah keduanya memenuhi, atau salah satunya memenuhi apa yang ada antara langit dan bumi, shalat adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, kesabaran adalah sinar, dan al-Qur’an adalah hujjah untuk amal kebaikanmu dan hujjah atas amal kejelekanmu. Setiap manusia adalah berusaha, maka ada orang yang menjual dirinya sehingga membebaskannya atau menghancurkannya.” (HR. Muslim 328)

wanita shalihah Wanita penghuni Surga, Amalan Cerdas
Foto: W24

Lima amal lainnya diantaranya,

Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallabersabda,

“Amboi. Amboi. Ada lima hal yang sangat berat dalam timbangan.Yaitu ucapan ‘Tidak ada ilah selain Allah’, ‘Allah Maha Besar’, ‘Maha Suci Allah’, ‘Pujian bagi Allah’ dan anak shalih yang wafat lalu kedua orang tuanya mengihlaskan dan mengharap-harap pahala dari Allah.” (Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam) bersabda: “Amboi, amboi, ada lima perkara, barangsiapa yang bertemu Allah dalam keadaan yakin terhadap kelima itu maka dia masuk surga. Beriman kepada Allah, Hari Akhir, Surga, Neraka, Hari Kebangkitan setelah kematian dan Hari Pembalasan” (HR. Ahmad no.15107)

5. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Ucapan Laa Ilaaha illallahu, wallahu akbar, wa subhanallah, walhamdulillah

6. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Beriman kepada Allah dan hari akhir

7. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Beriman kepada surga dan neraka

8. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Anak yang meninggal dan orangtuanya sabar berharap pahala

9. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Kebangkitan setelah kematian dan hisab.

Memilih amalan yang terus mengalir

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

” Empat hal yang pahalanya terus mengalir untuk mereka setelah mati; menjaga perbatasan fi sabilillah, orang yang mengajarkan ilmu, pahalanya mengalir untukmu selama diamalkan, seseorang memberikan sedekah, ia mendapatkan pahalanya yang terus mengalir dan seseorang meninggalkan anak sholih yang mendoakannya.”(HR Ahmad)

10. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Menjaga perbatasan fii Sabilillah (di jalan Allah)

11. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Orang yang mengajarkan ilmu dan kebaikan

12. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Sedekah jariyah (harta ataupun lainnya)

13. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Doa anak yang Sholih

Yang lainnya adalah,

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang menunjukkan kebaikan kepada orang lain, maka baginya pahala seperti orang yang melakukannya”. [HR. Muslim: 1893]

Waktu Utama Membaca Surat Al-Ikhlas, Ayat-ayat Al-Quran tentang Taubat, Amalan Cerdas
Foto: Yahoo

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).

14. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya

15. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Masjid yang dibangunnya

16. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan

17. Amalan Cerdas Seorang Muslim: Sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak (termasuk sumur/ sumber air lainnya)

Wallahu a’lam bi showab. []

About admin

Check Also

Tak Menyerah setelah Ditolak, Chika Jessica Kekeh Ajak Song Joong Ki Menikah : newzhdus.com

JAKARTA – Aktor asal Korea Selatan, Song Joong Ki baru saja menyapa penggemarnya pada Minggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *