Home / Muslim Okezone / 9 Fakta Omicron, Varian Baru Covid-19 yang Bikin Dunia Siaga
9-fakta-omicron,-varian-baru-covid-19-yang-bikin-dunia-siaga

9 Fakta Omicron, Varian Baru Covid-19 yang Bikin Dunia Siaga

VARIAN Omicron muncul di tengah kepanikan masyarakat global akan penyebaran varian Delta. Meski masih terus diteliti, Omicron disebut-sebut lebih cepat menular daripada varian Delta. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri diketahui sudah memasukkan virus dengan nama kode B.1.1.529 itu sebagai varian yang harus diwaspadai atau variant of concern (VOC).

Apa saja fakta-fakta terkait virus varian omicron ini? Merangkum berbagai sumber, Minggu (28/11/2021) berikut ulasan singkta fakta-fakta seputar varia

1. Baru dilaporkan: Dalam situs resminya, WHO mengungkapkan varian ini pertama kali dilaporkan kepada WHO dari Afrika Selatan pada 24 November kemarin

2. VOC: Jumat 26 November, WHO menyatakan varian ini punya banyak mutasi yang beberapa di antaranya memang mengkhawatirkan. Bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dengan varian ini, dibandingkan dengan varian virus VOC lainnya.

3. Pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan: Varian omicron disebutkan pertama kali diidentifikasi di Gauteng, provinsi di Afrika Selatan Infeksi B.1.1.529 pertama yang diketahui dikonfirmasi berasal dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November 2021.

Baca Juga : Gejala Omicron Tidak Masuk Akal, Sebabkan Kelelahan dan Denyut Nadi Sangat Tinggi

4. Varian kelima: Omicron menjadi varian kelima yang patut diwaspadai yang muncul sejak pandemi Covid-19 hampir dua tahun lalu. Sebelumnya, ada varian delta yang sangat mudah menular dinyatakan sebagai varian yang menjadi perhatian di tahun 2021 ini.

Baca Juga : Makin Menyebar, Omicron 400 Persen Lebih Cepat Menular dari Varian Delta

5. Sudah menyebar ke Eropa: Varina omicron membuat negara-negara di benua Eropa langsung siaga, setelah ada kasus yang terdeteksi di Inggris, Jerman, dan Italia. Sebelumnya, pada Jumat 26 November sudah ada kasus yang ditemukan di Belgia.

6. Pembatasan traveling: Sudah menyebar ke beberapa negara di Eropa, Uni Eropa langsung bergerak cepat dengan melakukan pembatasan perjalanan. Per Jumat 26 November kemarin, Uni Eropa memutuskan untuk membatasi perjalanan ke dan dari tujuh negara di Afrika Selatan yakni Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan dan Zimbabwe.

About admin

Check Also

8 Artis Sempat Dibantu Raffi Ahmad, Hutang Dilunasi hingga Diberi Mobil : newzhdus.com

JAKARTA – Belakangan publik ramai memperbincangkan soal kebaikan hati Raffi Ahmad. Selain dikenal sebagai sosok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *