Home / IslamPos / Baca Quran
baca-quran

Baca Quran

Baca Quran 1 Baca QuranSUKA stress? Bagaimana kalau kita baca Quran?
Suka gundah? Bagaimana kalau kita baca Quran?
Suka sedih? Bagaimana kalau kita baca Quran?
Sama. Saya juga. Suka stress. Gundah. Sedih.

Suka duit, tapi duit suka habis.

Punya masalah? Sama aja lah. Manusia yang ga punya masalah, hidupnya udah selesai berati.
Banyak kerjaan dan kayak yang ga ada habis-habisnya? Syukuri. Ada banyak orang di dunia ini yang ga punya kerjaan.

Badan sering sakit?
Apa yang biasa kau lakukan, sobs?

Dari waktu ke waktu, sebagian temen sharing ke saya,

“Kalau aku mah, kalau lagi stress, musti nonton film.”

Yang lain, “Karokean lah. Nyanyi. Galau langsung larut dan pupus.” Dewa kali ah.

Dan banyak lagi banyak lagi, beragam.

Pernah ga sobs, kalau lagi ngalamin kayak gitu kayak gitu, pendekatannya kita baca Quran?

Ini ada beberapa kisah dari sahabat-sahabatku.

Yang pertama, ketika sama-sana kena Covid. Tuh orang dengan nafas tersengal, malam-malam nelefon, semacam berwasiat lah. Ngeri apa. Dia bilang saturasinya terus turun, dan jalan aja udah ga bisa.

“Bos,” saya bilang ke dia, “Jangan nyerah. Jangan nyerah di sini. Si bos punya will to live yang lebih, ayolah. Ada anak-anak dan istri. Ada karyawan-karyawan. Ayolah.”

Saya bilang lagi, “Bos ayo coba setiap hari kita selesaikan, baca Quran Al-Baqoroh setiap hari. Sambil terus berdoa.”

Ajaran Islam, keberkahan waktu, Ayat-ayat Al-Quran tentang tolong menolong melimpah., Keutamaan Memelihara Al-Quran, baca quran
Foto: Unsplash

Waktu itu, dia shalat aja udah berbaring dan makanan udah ga masuk.

Sebulan setelah Covid, saya dan dia ketemu. Dia bilang, coba konsisten sekarang ini baca Quran 5 juz per hari. “Saya terus inget perkataan si bos waktu itu. Miris banget saya. Bahkan saya musti nunggu sakit parah dulu supaya bisa baca Quran lebih dari 1 juz per harinya.”

Saya ngurut dada. 5 juz per hari dah. MasyaAllah.

Kisah kedua dari sahabat semasa SMA. Tiga tahun terakhir ini, ngadepin sesuatu kasat mata. Datang dan nyerang pas tengah malam sampe jelang Shubuh.

Saya sarankan baca Quran Al-Baqarah, Ar-Rahman, Al-Mulk tiap malam. Kalau Jumat tambah Kahfi. Seumur hidup saya juga kayaknya ga pernah baca sebanyak itu semalaman gitu. Dia melakukan itu nyaris dalam 2 tahun terakhir ini. Setiap malam, bro.

“Aku kalau ga gitu, bisa bubuk,” ujarnya ke saya. Saya nyengir, bubuk, ranginang kali.

Sekarang, sahabat saya ini ga peduli, yang ghaib itu datang atawa ga, hal itu terus ia lakukan setiap malam. Dia bilang ke saya, dia dalam tahap tidak bisa meninggalkan hal tersebut sekarang ini. “Dulu gua mau baca Quran Surat Al-Kahfi setiap Jumat aja jungkir baliknya minta ampun.”

Begitulah, seringkali yang tidak kita sukai, dikirim Allah kepada kita agar kita ngambil atau dapetin ibrah.

Terus emangnya kalau baca Quran, penyakit bisa sembuh, dan gangguan bisa hilang atau dompet kosong jadi terisi gitu? Ini ga usah dijawab aja ya, entar urusan bisa jadi kelar semuanya, atawa jadi naif, kayak anak kecil usia 4 tahun yang nanya.

Semua permasalahan hidup kita ada di hati. Hati kita ga tenang, semuanya bakalan jadi ga tenang. Hati kita lapang, semuanya mudah kita syukuri dan hadapi.

Hukum Membakar Al-Quran, baca quran
Foto: Al-Iman

Saya menemukan, membaca Quran setiap hari, membuat diri ini jadi kuat. Walaupun yang lainnya dalam diri saya ini keropos banget. Sebagian orang udah biasa banget baca 1 atau 2 juz per hari atau bahkan lebih. Sebagian lagi baru mulai. Mana saja.

Semuanya baik. Mudah-mudahan urusan kita baca Quran dimudahkan oleh Allah SWT. []

About admin

Check Also

Tak Menyerah setelah Ditolak, Chika Jessica Kekeh Ajak Song Joong Ki Menikah : newzhdus.com

JAKARTA – Aktor asal Korea Selatan, Song Joong Ki baru saja menyapa penggemarnya pada Minggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *