Home / Info Dunia Islam / Berikut 6 Ayat Al-Quran yang Menjelaskan bahwa Al-Quran adalah Obat bagi Penyakit
berikut-6-ayat-al-quran-yang-menjelaskan-bahwa-al-quran-adalah-obat-bagi-penyakit

Berikut 6 Ayat Al-Quran yang Menjelaskan bahwa Al-Quran adalah Obat bagi Penyakit

Berikut 6 Ayat Al-Quran yang Menjelaskan bahwa Al-Quran adalah Obat bagi Penyakit

Al-Quran merupakan kitab suci umat islam, yang bila dibaca akan mendapatkan pahala bagi yang membacanya. Al-Quran diturunkan dari Allah menuju Lauhul Mahfuz, dan kemudian dibawa Malaikat Jibril serta kemudian dirutunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur.

Salah satu nama Al-Quran ialah asy-Syifa yang berarti obat penyembuh. Allah berfirman, Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. (QS Yunus [10]: 57). Pada ayat lain, Katakanlah, ‘Alquran ialah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman. ‘ (QS Fushshilat [41]: 44).

Selain menjadi obat penyembuh bagi penyakit hati dan jiwa, Al-Quran juga menjadi obat penyembuh penyakit fisik. Asy- Syinqithi dalam kitabnya, Tafsir Adhwa’ al-Bayan, mengatakan, Al-Quran ialah obat penyembuh yang mencakup obat bagi penyakit hati dan jiwa, seperti keraguan, kemunafikan, dan perkara lainnya. Bisa juga menjadi obat bagi jasmani jika dilakukan ruqyah kepada orang yang sakit. Ini seperti yang dilakukan sahabat yang membacakan surah al-Fatihah kepada seorang pemimpin kampung yang tersengat kalajenging.

Dikutip dari halaman Akurat, berikut ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan bahwa Al-Quran merupakan obat.

Ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan Bahwa Al-Quran merupakan Obat bagi Penyakit: Surah At-Taubah ayat 14

Ilustrasi.foto: unplash

 

قَاتِلُوۡهُمۡ يُعَذِّبۡهُمُ اللّٰهُ بِاَيۡدِيۡكُمۡ وَيُخۡزِهِمۡ وَيَنۡصُرۡكُمۡ عَلَيۡهِمۡ وَيَشۡفِ صُدُوۡرَ قَوۡمٍ مُّؤۡمِنِيۡنَۙ

“Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman.” (QS. At-Taubah: 14).

BACA JUGA: Awas Hati-hati, Ketahuilah, Ini 10 Dosa Besar yang Tak Diampuni Allah SWT!

Ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan Bahwa Al-Quran merupakan Obat bagi Penyakit: Surah Yunus ayat 57

 

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُمۡ مَّوۡعِظَةٌ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوۡرِۙ وَهُدًى وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus: 57).

Ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan Bahwa Al-Quran merupakan Obat bagi Penyakit: Surah An-Nahl ayat 69

 

ثُمَّ كُلِىۡ مِنۡ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسۡلُكِىۡ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا‌ ؕ يَخۡرُجُ مِنۡۢ بُطُوۡنِهَا شَرَابٌ مُّخۡتَلِفٌ اَلۡوَانُهٗ فِيۡهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيَةً لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl: 69).

Ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan Bahwa Al-Quran merupakan Obat bagi Penyakit: Surah Al-Isra ayat 82

 

وَنُنَزِّلُ مِنَ الۡـقُرۡاٰنِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۙ وَلَا يَزِيۡدُ الظّٰلِمِيۡنَ اِلَّا خَسَارًا‏

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82).

Ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan Bahwa Al-Quran merupakan Obat bagi Penyakit: Surah Fussilat ayat 44

 

وَلَوۡ جَعَلۡنٰهُ قُرۡاٰنًا اَعۡجَمِيًّا لَّقَالُوۡا لَوۡلَا فُصِّلَتۡ اٰيٰتُهٗ ؕ ءَاَعۡجَمِىٌّ وَّعَرَبِىٌّ‌  ؕ قُلۡ هُوَ لِلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا هُدًى وَّشِفَاۗءٌ وَ الَّذِيۡنَ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ فِىۡۤ اٰذَانِهِمۡ وَقۡرٌ وَّهُوَ عَلَيۡهِمۡ عَمًى‌ ؕ اُولٰٓٮِٕكَ يُنَادَوۡنَ مِنۡ مَّكَانٍۢ بَعِيۡدٍ

“Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh.” (QS. Fussilat: 44).

BACA JUGA: Berikut 6 Ayat Al-Quran tentang Sedekah yang Dapat memotivasi kita untuk Berbuat Kebaikan

Ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan Bahwa Al-Quran merupakan Obat bagi Penyakit: Surah Asy-Syu’ara ayat 80

Ilustrasi. foto: pexels

وَاِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ ۙ

” dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku,”

Kepada sahabat yang sakit, Nabi kerap kali berpesan, Bagi kalian ada obat penyembuh, yakni madu dan Alquran. (HR Ibnu Majah dan al-Hakim). Sebagai asy-Syifa, orang beriman diimbau banyak membaca Alquran, karena ia ialah obat penyembuh.

Wallahu a’lam.[]

SUMBER: AKURAT

 

 

 

 

 

Berikut 6 Ayat Al-Quran yang Menjelaskan bahwa Al-Quran adalah Obat bagi Penyakit

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *