Home / Muslim Okezone / Dapat Edukasi Pra-Nikah Gratis, Masyarakat Wonosobo Antusias Mengikuti
dapat-edukasi-pra-nikah-gratis,-masyarakat-wonosobo-antusias-mengikuti

Dapat Edukasi Pra-Nikah Gratis, Masyarakat Wonosobo Antusias Mengikuti

PROGRAM pra-nikah dan keluarga berencana (KB) terus digalakkan pemerintah. Apalagi di masa pandemi covid-19 ini yang dilaporkan angka kehamilan terus meningkat.

Salah satu target program pra-nikah dan KB ini adalah masyarakat perdesaan. Ini merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terhadap akses pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

Baca juga: Kampoeng Andalan Hadir di Wonosobo, Ajak Masyarakat Ikut Program KB 

Selain adanya keterbatasan informasi, edukasi, dan sarana kesehatan; kondisi pandemi makin memperparah. Sebab, akses pelayanan kontrasepsi di fasilitas kesehatan, termasuk klinik KB, juga terdampak.

Di sisi lain, akseptor juga kerap takut dan enggan datang ke klinik kesehatan serta melakukan program KB. Sementara masyarakat perdesaan selama ini masih jarang tersentuh dengan edukasi terkait keluarga berencana dan pra-nikah.

Baca juga: Jumlah KB Pria Masih Rendah, Ternyata Ini Penyebabnya 

Maka itu, guna mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam program KB, Andalan Kontrasepsi menyelenggarakan program “Kampoeng Andalan”. Ini merupakan sebuah sosialisasi program KB kepada masyarakat umum dari desa ke desa dengan melibatkan tenaga kesehatan.

Hasilnya, kegiatan ini pun disambut secara antusias oleh masyarakat setempat. Baik pria maupun wanita dengan status pernikahan single atau sudah menikah. Mereka dengan serius menyimak edukasi yang diberikan oleh pembicara.

About admin

Check Also

8 Artis Sempat Dibantu Raffi Ahmad, Hutang Dilunasi hingga Diberi Mobil : newzhdus.com

JAKARTA – Belakangan publik ramai memperbincangkan soal kebaikan hati Raffi Ahmad. Selain dikenal sebagai sosok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *