Home / Info Dunia Islam / Hukum Membaca Alquran Tanpa Suara dan 12 Adabnya
hukum-membaca-alquran-tanpa-suara-dan-12-adabnya

Hukum Membaca Alquran Tanpa Suara dan 12 Adabnya

Hukum Membaca Alquran Tanpa Suara dan 12 Adabnya

SEBAGIAN dari kita mungkin terbiasa membaca Alquran tanpa suara. Mereka beralasan bahwa membaca Alquran bisa dilakukan meski hanya dalam hati tanpa menggerakkan bibir. Apa hukum Islam terkait membaca Alquran tanpa suara?

Mengutip Elbalad, anggota lembaga Fatwa Mesir Da Al Ifta, Ahmad Mamduh menjelaskan bahwa jika bibirnya tidak bergerak maka tidak disebut dengan membaca, melainkan hanya sebagai salah satu jenis dzikir hati, dan orang tersebut tetap mendapatkan pahala karenanya.

Ahmad Mamduh menegaskan bahwa membaca Alquran hendaknya dilakukan dengan cara menggerakkan bibir. Menurut Imam Syafii dan Maliki, kata dia, membuat jiwa terdengar itu hanya sebagian dari menggerakkan bibir.

BACA JUGA: Berikut 4 Langkah untuk Tadabbur Al-Quran

Hukum Membaca Alquran Tanpa Suara dan 12 Adabnya

Membaca Alquran Tanpa Suara
Foto: Instagram Islamposcom

Mamduh mencontohkan dalam sebuah video di saluran Dar Al Ifta di YouTube, bahwa bacaan Alquran seseorang minimum adalah menggerakkan bibirnya.

Mamduh pun menjelaskan bahwa membaca Alquran di hati tidak termasuk dalam hadits tentang dilipatgandakannya pahala.

Rasulullah SAW bersabda:

من قرأ حرفًا من كتابِ اللهِ فله به حسنةٌ، والحسنةُ بعشرِ أمثالِها لا أقولُ (الـم) حرفٌ ولكنْ (ألفٌ) حرفٌ و(لامٌ) حرفٌ و(ميمٌ) حرفٌ

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan bahwa ألم (alif laam mim) itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa orang yang membaca Alquran tanpa suara tidak disebut dengan membaca Alquran. Melainkan hanya berzikir dalam hati atau tafakkur, dan itu tak diganjar dengan pahala baca yang bertingkat-tingkat dari tingkatan 10 kebaikan setiap hurufnya.

Setelah mengetahui tentang hukum membaca Alquran tanpa suara di atas, kita juga sebaiknya tahu apa saja adab membaca Alquran. Baik itu Alquran yang berupa mushaf atau Alquran digital.

Dikutip dari Republika, Kepala Lembaga Peradaban Luhur (LPL), Ustadz Rakhmad Zailani Kiki, mengatakan bahwa tidak ada perbedaan antara adab membaca Alquran digital dengan mushaf Alquran. Habib Utsman bin Yahya dalam kitabnya Iqdul Juman menjelaskan sejumlah adab membaca Alquran yaitu sebagai berikut:

Adab Baca Alquran Pertama: Wajib membaca Alquran, baik mushaf maupun digital, dengan tajwid. Maka, bagi seseorang yang membaca Alquran tanpa tajwid dia menjadi fasik.

Adab Baca Alquran Kedua: Membaca Alquran dengan sungguh-sungguh dan sunnahnya dalam keadaan berwudhu, menghadap kiblat, menundukkan kepala sebagai bentuk hormat kepada Alquran, dan jangan duduk dengan bersandar.

Hukum Membaca Alquran Tanpa Suara dan 12 Adabnya

Membaca Alquran Tanpa Suara
Foto: Instagram Islampos

Adab Baca Alquran Ketiga: Wajib merendahkan diri dan berperangai lemah lembut. Maka, jangan berangas dan jangan suka merasa lebih unggul dari yang lain dalam masalah bacaan atau membaca Alquran dengan suara yang berlawanan dari pembaca yang lain.

Adab Baca Alquran Keempat: Orang yang membaca Alquran dan orang yang mendengarkan Alquran dengan sedih hati, meskipun dia tidak mengetahui akan artinya.

Adab Baca Alquran Kelima: Wajib membaca Alquran dengan ikhlas.

Adab Baca Alquran Keenam: Wajib mengamalkan setiap amal ibadah yang kewajibannya tertera di dalam Alquran, seperti shalat, puasa, dan beribadah dengan ikhlas.

Adab Baca Alquran Ketujuh: Sunnah bagi seseorang yang membaca Alquran untuk membaguskan suaranya dengan lagu atau langgam.

Adab Baca Alquran Kedelapan: Sunah untuk berdoa dan meminta rahmat apabila dibacakan ayat yang menyebutkan rahmat. Mintalah surga jika ayat yang dibaca terkait dengan surga dan mintalah dijauhkan dari api neraka jika ayat yang dibacakan terkait dengan neraka.

Hukum Membaca Alquran Tanpa Suara dan 12 Adabnya

Membaca Alquran Tanpa Suara
Ilustrasi: Unsplash

BACA JUGA: Inilah 17 Golongan Orang yang Doanya Mustajab Menurut Alquran dan Hadis

Adab Baca Alquran Kesembilan: Apabila dibaca Innallah wa malaikatahu hingga akhir, disunahkan untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Adab Baca Alquran Kesepuluh: Sunnah membaca Alquran dengan perlahan-lahan.

Adab Baca Alquran Kesebelas: Disunahkan bagi pembaca Alquran untuk takbir di akhir tiap-tiap surat, dari surat Ad Dhuha hingga akhir surat Alquran.

Adab Baca Alquran Kedua belas: Sunnah untuk melakukan sujud tilawah sesudah membaca atau mendengarkan ayat yang terkait dengan sunah sujud.

Itulah penjelasan tentang hukum membaca Alquran tanpa suara dan 12 Adab saat membacanya. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. []

Hukum Membaca Alquran Tanpa Suara dan 12 Adabnya

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *