Home / Info Dunia Islam / Inilah 4 Hal-Hal Pokok dalam Islam yang Perlu Diketahui
inilah-4-hal-hal-pokok-dalam-islam-yang-perlu-diketahui

Inilah 4 Hal-Hal Pokok dalam Islam yang Perlu Diketahui

Inilah 4 Hal-Hal Pokok dalam Islam yang Perlu Diketahui

HAL-HAL pokok dalam islam harus kita ketahui sebagai umat Nabi Muhammad ﷺ .

Agama islam adalah agama yang hak dan diridhai Allah SWT, yang Allah turunkan melalui Rasul-Nya yang terakhir yakni Nabi Muhammad ﷺ .

Maka harus kita pegang teguh dan kita pertahankan sebagai agama yang kita Yakini dan kita peluk sampai akhir hayat.

Hal ini sangat penting dalam kehidupan kita sebagai hamba Allah, sebab menyangkut keselamatan hidup kita sebagai manusia sejak di dunia sampai menghadap kepada Allah SWT.

BACA JUGA: 3 Pokok Kehidupan dalam Islam yang Harus Kamu Tahu!

Berikut Ada Empat Hal-Hal Pokok dalam Islam yang Perlu Diketahui:

Hal-hal Pokok dalam Islam: Konsep Ketuhanan yang Berpaham Tauhid, yaitu Allah yang Maha Esa

Hal-hal pokok dalam islam
Foto: Unsplash

Semua makhluk di alam ini sepakat akan adanya kekuatan yang maha dahsyat. Yang hanya kepada-Nya mereka bergantung dan memohon pertolongan.

Dalam islam, kekuatan maha dahsyat itu tak tertandingi oleh siapapun, tidak ada kekuatan manapun yang mampu menghentikan laju-Nya dan melawan kehendak-Nya.

Sebagaimana ditegaskan dalam Surat Al-Ikhlas, yang artinya:

‘’Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada sesuatu yang setara dengan dia.’’ (QS. Al-Ikhlas: 1-4)

Dalam ayat lain juga dinyatakan, Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْـنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَـقَّ ۗ اِنَّمَا الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُوْلُ اللّٰهِ وَكَلِمَتُهٗ ۚ اَ لْقٰٮهَاۤ اِلٰى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِّنْهُ ۖ فَاٰ مِنُوْا بِا للّٰهِ وَرُسُلِهٖ ۗ وَلَا تَقُوْلُوْا ثَلٰثَةٌ ۗ اِنْتَهُوْا خَيْرًا لَّـكُمْ ۗ اِنَّمَا اللّٰهُ اِلٰـهٌ وَّا حِدٌ ۗ سُبْحٰنَهٗۤ اَنْ يَّكُوْنَ لَهٗ وَلَدٌ ۘ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ وَكَفٰى بِا للّٰهِ وَكِيْلًا

“Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih ‘Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka, berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, “(Tuhan itu) tiga,” berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.” (QS. An-Nisa’ [4]: 171)

Itulah konsep ketuhanan dalam islam yang mengajarkan akan keesaan Tuhan Dialah Allah yang Maha Esa lagi Maha Kuasa, tidak ada sesuatupun yang setara dengan-Nya.

BACA JUGA: Wanita Bekerja, Apa Hukumnya dalam Islam?

Dengan pendekatan logika saja, akan dapat kita pahami dengan jelas, andaikata Tuhan itu berbilang, maka akan terjadi persaingan dan perebutan kekuasaan.

Dan itu pasti akan berakibat pada kehancuran dan segala isinya. Dia tidak mungkin(mustahil) memiliki sifat-sifat yang sama atau mirip dengan yang lain (makhluk), misalnya mengalami proses kelahiran, beranak, atau menjelma.

Hal-hal Pokok dalam Islam: Kitab Suci Al-Qur’an

Ha-hal pokok dalam islam
Foto: Unsplash

Suatu agama akan teruji kebenarannya melalui kitab sucinya, islam dengan Al-Qur’an sebagai kitab sucinya, telah teruji kebenarannya secara universal.

Al-Qur’an dapat dijadikan pembuktian akan kebenaran islam, karena kebenaran isinya yang bersifat universal. Kecanggihan dan ketinggian dari segi bahasa dan sastranya, tidak akan dapat disaingi oleh sastrawan manapun.

Apalagi kandungannya yang mengungkap berbagai hal secara lengkap, universal, dan flexsibel bagi segala zaman.

Hal-hal Pokok dalam Islam: Pokok-pokok Ajaran Islam Begitu Lengkap dan Memenuhi Segala Sendi Dasar Kehidupan

Hal-hal pokok dalam islam
Foto: Unsplash

Pokok-pokok ajaran islam yang dimaksud adalah rukun islam yang berjumlah lima, yaitu: syahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji.

Ketika kita mau merenung dan mengkaji secara seksama satu persatu, maka tampak jelas bahwa rukun islam itu merupakan sendi dasar kebutuhan kehidupan.

Misalnya, rukun islam yang pertama syahadat, berarti pengakuan dan kepasrahan total kepada sang Khaliq yang menjadi tempat bergantung manusia bahkan seluruh alam semesta.

Ditempatkannya pada urutan pertama, karena pertalian seluruh makhluk yang pertama adalah dengan tuhan yang menciptakannya.

Hal-hal Pokok dalam Islam: Islam Sebagai Agama Mengandung Ajaran yang Lengkap

Hal-hal pokok dalam islam
Foto: Unsplash

Dalam hal ini ajaran islam memberikan arahan yang bermuara pada kehidupan manusia seutuhnya, Allah SWT berfirman:

فَاَ قِمْ وَجْهَكَ لِلدِّيْنِ حَنِيْفًا ۗ فِطْرَتَ اللّٰهِ الَّتِيْ فَطَرَ النَّا سَ عَلَيْهَا ۗ لَا تَبْدِيْلَ لِخَـلْقِ اللّٰهِ ۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ۙ وَلٰـكِنَّ اَكْثَرَ النَّا سِ لَا يَعْلَمُوْنَ

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahu.” (QS. Ar-Rum [30]: 30)

Referensi: Membangun Moralitas Umat/Ust.Abddullah F Dan Ust M.Farhad/Amelia

Inilah 4 Hal-Hal Pokok dalam Islam yang Perlu Diketahui

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *