Home / Info Dunia Islam / Inilah 5 Hal yang Perlu Difokuskan Agar Menjadi Pribadi Muslim yang Hebat
inilah-5-hal-yang-perlu-difokuskan-agar-menjadi-pribadi-muslim-yang-hebat

Inilah 5 Hal yang Perlu Difokuskan Agar Menjadi Pribadi Muslim yang Hebat

MENJADI pribadi muslim yang hebat merupakan dambaan bagi setiap manusia. Terutama umat muslim.
Islam mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang hebat serta mulia.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus umat muslim fokuskan agar menjadi pribadi yang hebat. Salah satunya fokus terhadap ibadah kepada Allah SWT.

Sebab, ketika seseorang telah fokus dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, maka ibadah tersebut akan menghasilkan energi yang memiliki daya ubah serta daya gerak untuk kebaikan dan kebenaran.

Termasuk energi yang mendatangkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Jika seorang muslim telah mampu memfokuskan diri dengan apa yang dikerjakannya, maka pekerjaan tersebut akan membuahkan hasil yang maksimal dan berkualitas. Namun sebaliknya, ketidak fokusan malah akan mendatangkan keburukan bagi kehidupannya.

Oleh karena itu, jika kita ingin meraih atau mencapai sebuah tujuan, maka hendaklah memfokuskan diri sebaik mungkin, agar hasilnya sesuai dengan tujuan.

Berikut ada beberapa hal yang harus difokuskan agar menjadi pribadi muslim yang hebat dan berkualitas.

Menjadi Pribadi Muslim yang Hebat: Fokus Mengejar Ridha Allah SWT

menjadi pribadi muslim yang hebat
Foto: Unsplash

Menjadi pribadi muslim yang hebat salah satunya fokus mengejar ridha Allah SWT. Karena dalam kehidupan manusia pasti menginginkan keridhaan dari Allah SWT.

Salah satu cara agar mendapat ridha dari-Nya, yaitu dengan mengerjakan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya. Termasuk dengan mengerjakan ibadah dan amal shaleh.

Namun perlu diketahui, bahwasanya Allah SWT akan ridha kepada hambanya jika hamba tersebut mendapatkan ridha dari orang tuanya. Sebab ridha Allah SWT tergantung pada ridhanya orang tua.

Seperti dalam hidits Rasulullah ﷺ bersabda:
“Ridha Allah adalah ridha orang tua.” (HR. Tirmidzi)

Menjadi Pribadi Muslim yang Hebat: Fokus Taubat

menjadi pribadi muslim yang hebat
Foto: Unsplash

Semua manusia yang hidup dimuka bumi ini pasti telah melakukan dosa atau kesalahan, tidak ada satupun yang tidak pernah berbuat salah. Kecuali para Nabi dan Rasul. Karena manusia merupakan makhluk yang tidak luput dari salah dan khilaf.

Memang sudah menjadi fitrahnya manusia selalu melakukan salah dan khilaf. Akan tetapi setiap salah dan khilaf tersebut masih bisa di perbaiki, dengan cara memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah ia perbuat.

Allah SWT memiliki banyak sifat mulia, diantaranya memiliki sifat pengampun. Allah akan mengampuni bagi siapa saja hambanya yang mau bertaubat.

Sebagaiamana dalam firman Allah SWT:

“Dan tuhanmu maha pengampun, memilki kasih sayang. Jika Dia hendak menyiksa mereka, tentu dia akan menyegerakan siksa bagi mereka. Tetapi bagi mereka ada waktu tertentu yang mereka tidak akan menemukan tempat berlindung dari-Nya.” (QS. Al-Kahfi: 58)

Menjadi Pribadi Muslim yang Hebat: Fokus Menjaga Kebersihan Hati

menjadi pribadi muslim yang hebat
Foto: Unsplash

Menjadi pribadi muslim yang hebat lainya yaitu dengan selalu fokus menjaga kebersihan hatinya. Sebab hati yang bersih akan mudah dan ikhlas melakukan ibadah-ibadah yang telah Allah perintahkan.

Manusia yang senantiasa menjaga kebersihan hatinya, akan Allah jauhkan dari penyakit-penyakit hati. Seperti, syirik, takabur dan yang lainya.

Agar hati tetap terjaga kebersihannya, pastikan seorang hamba selalu melakukan kegiatan berdzikir mengingat keagungan Allah SWT serta senantiasa bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepadanya.

Menjadi Pribadi Muslim yang Hebat: Fokus Berhusnudzon

menjadi pribadi muslim yang hebat
Foto: Unsplash

Manusia yang memfokuskan dirinya selalu berhusnudzon, akan membuatnya menjadi pribadi muslim yang hebat.

Orang yang senantiasa berhusnudzon akan memberikan dampak positif terhadap orang lain, bukan hanya itu, berhusnudzon juga akan membawa kebaikan pada dirinya sendiri.

Namun sebaliknya, lawan dari sikap husnudzon yaitu suudzon yang akan membawa dampak buruk baik pada dirinya maupun kepada orang lain.

Allah SWT berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah SWT, sesungguhnya Allah maha penerima taubat, maha penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 12)

Menjadi Pribadi Muslim yang Hebat: Fokus dalam Mengingat Kebaikan Orang Lain

menjadi pribadi muslim yang hebat
Foto: Unsplash

Agar menjadi pribadi muslim yang hebat hendaknya ia selalu memfokuskan dirinya dalam mengingat kebaikan orang lain. Bukan hanya sebaliknya selalu mengingat keburukan dan kejelekan orang lain.

Sebagai seorang muslim, hendaknya harus senantiasa mengingat kebaikan yang orang lain lakukan terhadap dirinya, serta selalu mengingat keburukan apa yang pernah kita lakukan terhadap orang lain. Agar kita dapat memperbaikinya. []

SUMBER: DALAMISLAM.COM

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *