Home / Info Dunia Islam / Inilah 6 Manfaat Surat Al-Waqiah, Salah satunya Tidak akan Ditimpa Kefakiran
inilah-6-manfaat-surat-al-waqiah,-salah-satunya-tidak-akan-ditimpa-kefakiran

Inilah 6 Manfaat Surat Al-Waqiah, Salah satunya Tidak akan Ditimpa Kefakiran

Inilah 6 Manfaat Surat Al-Waqiah, Salah satunya Tidak akan Ditimpa Kefakiran

SURAT Al-Waqiah adalah surat urutan ke-56 dalam Al-Quran dengan 96 ayat. Al-Waqiah dalam surat ini memiliki makna hari kiamat dan disebutkan pada awal surah.

Sebab itu, surat ini menjelaskan bagaimana hari kiamat itu akan terjadi sebagai balasan untuk orang mukmin dan orang kafir.

Surat Al Waqiah memiliki keutamaan yang terkandung di dalamnya. Sebab, Al Waqiah disebut sebagai salah satu surat yang sering dibaca oleh Rasulullah ﷺ.

Bahkan dalam riwayat dari Ibnu Mas’ud mengatakan, Rasulullah ﷺ kerap menggabungkan dua surat menjadi satu atau disebut surat an-Nazhair saat melaksanakan salat malam. Salah satu surat yang dibaca di antara dua surat tersebut adalah Al Waqiah.

Berikut adalah manfaat surat Al-Waqiah:

Pertama, surat Al-Waqiah adalah surat kekayaan

surat al-waqiah
ilustrasi, foto: pixabay

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah surat ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata, “Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

Kedua, dengan membaca surat Al-Waqiah kita tidak akan ditimpa kefakiran

surat al-waqiah
ilustrasi foto, unplash

Apabila seseorang membiasakan diri untuk membaca Surat Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar karena akan dijauhkan dari kemiskinan.

Amalan orang sufi agar dilimpahkan rezeki biasanya dengan melakukan puasa selama 1 minggu dimulai dari hari Jumat. Setiap selesai sholat fardhu, maka baca Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya.

Pada malam Jumaat berikutnya sesudah sholat Maghrib, maka baca Surat Al-Waqiah sebanyak 25 kali, sesudah sholat Isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali diikuti dengan sholawat sebanyak 1000 kali. Selain itu, perbanyak sedekah dan amalkan surat ini pada pagi dan petang, insya Allah akan berhasil.

Abdullah bin Mas’ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, ” Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

Ketiga, dilindungi dari kemudharatan dunia

Manfaat surat Al-Waqiah adalah menjadi pelindung dari kemudharatan dunia. Jika surat Al Waqiah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

Keempat, dapat mempermudah roh keluar dari jasad

Bukan hanya terasa di dunia saja saat sering mengamalkan, ada pula keutamaan surat Al Waqiah juga diklaim berhubungan dengan dapat membantu untuk mempermudah roh keluar dari jasad pada orang yang meninggal.

Surat Al Waqiah yang dibacakan saat berada di sisi mayat atau orang yang sedang nazak, insya Allah akan dipermudahkan supaya roh bisa keluar dari jasadnya. Dengan ini, maka orang tersebut tidak akan merasakan sakratul maut terlalu lama.

Kelima, membaca surat Al-Waqiah dapat meringankan rasa sakit

surat al-waqiah
ilustrasi, foto: pixabay

Apabila Surat Al Waqiah ini dibacakan saat berada di sisi orang yang sedang sakit, maka insyaAllah akan dipermudah untuk kesembuhan dan penyakitnya juga diringankan.

Bukan hanya sakit karena penyakit, tapi keutamaan surat Al-Waqiah ini juga akan terasa bagi ibu hamil yang hendak melahirkan. Surat ini dipercaya akan mempermudah persalinan bagi ibu hamil tanpa halangan berarti.

Keenam, kelak di hari Kiamat akan mendapat syafaat

Bagi orang yang rajin membaca Surat Al-Waqiah, maka orang tersebut akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Itulah enam manfaat surat Al-Waqiah. []

SUMBER: KUMPARAN | LIPUTAN6 | ORAMI

Inilah 6 Manfaat Surat Al-Waqiah, Salah satunya Tidak akan Ditimpa Kefakiran

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *