Home / Info Dunia Islam / Jualan Bagi-bagi Rezeki
jualan-bagi-bagi-rezeki

Jualan Bagi-bagi Rezeki

INI kisah mengagumkan dari seorang pedagang di pasar soal bagi-bagi rezeki.

Rabu minggu lalu itu aku jalan pagi ke pasar. Nah berhentilah di salah satu pedagang yang gak rame. Kebiasaan aku gitu sekarang. Nyari pedagang yang sepi.

Selain ngantrinya gak lama, milihnya gak direcokin orang, alesan paling utamanya ya bagi bagi rejeki. Soal harga gak dipusingin banget, kalaupun beda paling seribu dua ribu, gak bakalan beda 20 ribu juga

Jadi tenaaang, kita bisa pura-pura kayak orang kaya… kalau orang lain jaminannya laki tajir duit kagak berseri, aku mah jaminannya Allah… keren kan?

Pas nimbang aku protes berapa kali soal timbangan sama si bapaknya. Bukan karena kurang, tapi karena lebih. Itu timbangan bisa lebih 15- 25 gram (bapaknya pake timbangan digital).

Bapaknya bilang… “Gak apa bu… lebih sedikit, daripada kurang sedikit. Yang penting aman buat saya khawatir timbangan saya salah, urusannya panjang sampe akhirat.”

Perniagaan yang Diharamkan Kedzoliman Ibu-ibu pada Tukang Sayur, Bagi-bagi Rezeki
Foto: Freepik

Lagi sibuk ngelayanin aku, dateng orang mau beli sayuran sop. 5000 an minta 6 bungkus. Tapi ditolak sama bapaknya. “Punten bu… bukan nolak rezeki. Tolong belinya di situ aja,” sambil nunjuk ibu tua yang jualan di depannya dengan jempol. “Biar bagi-bagi rezeki,” katanya sambil senyum.

Gak berapa lama datang lagi orang mau beli sayuran capcay, dijawab lagi dengan jawaban yang sama.

“Eh pak… bapak jualan apa jadi tim marketing jualan orang, kok malah suruh orang beli di tempat lain sementara di sini juga ada?” tanyaku.

Bapaknya jawab sambil cengar cengir, “bagi-bagi rezeki bu… ibu gak lihat banyak banget ibu ibu tua jualan di sini? Mana udah tua, musim hujan, biar jualannya cepet laku cepet pulang. Kasihan,” katanya tulus.

“Saya gak bisa nolong. Bisanya gitu doang, kalau rezeki saya in syaa Allah ntar Allah yang ngatur, gak bakalan ketuker,” katanya ringan.

Bengong aku, takzim… keyakinannya sama jaminan Allah luar biasa, begitu juga kehati-hatiannya soal timbangan nunjukin rasa takutnya sama Allah.

Pekerjaan Haram Penghalang Rezeki, Bagi-bagi Rezeki
Foto: Islampos

Padahal dibanding tempat lain, tempat jualan bapak itu relatif lebih sepi pembeli. Ah… begitu itu ya iman… ikhsan….

Aku selalu bersyukur ketemu orang-orang baik. Itu rejekiku… belajar dari orang lain….

Larisin yang sepi, belanjain yang tua, doain para pedagang kecil selamat dari hisab timbangan dan kecurangan jual beli yaaa……

Tetaplah berusaha baik dan menyemangati kebaikan. []

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *