Home / Info Dunia Islam / Ketahuilah! Ini 8 Keutamaan Surat Yasin
ketahuilah!-ini-8-keutamaan-surat-yasin

Ketahuilah! Ini 8 Keutamaan Surat Yasin

Ketahuilah! Ini 8 Keutamaan Surat Yasin

SURAT Yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri atas 83 ayat, serta termasuk golongan Surat-Surat Makkiyah. Keutamaan Surat Yasin diungkapkan dalam beberapa dalil.

Dinamakan Yasin karena surat ini dimulai dengan dua abjad Arab Ya Sin. Biasanya surat yasin sering dibaca di malam jumat. Selain itu surat yasin juga dibaca saat tahlilan apabila ada orang yang meninggal dunia. Simaklah berikut 8 keutamaan surat Yasin:

Keutamaan Surat Yasin
Ilustrasi, Foto: Unplas

Keutamaan Surat Yasin: Akan mendapatkan Kemuliaan

Pada dasarnya setiap surat di Al-Quran itu baik. Dengan membaca Al-Quran secara rutin, termasuk surat yasin maka kita akan dimuliakan oleh Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

“Siapa yang membaca Al-Quran dan beramal dengan isi kandungannya, di anugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Quran).” (HR. Abu Daud).

Keutamaan Surat Yasin: Seluruh jiwa akan bersih

Rutin membaca Al-Quran dapat membuat jiwa kita jadi bersih. Ini bisa diibaratkan laksana bunga yang beraroma harum. Tentunya keistimewaan ini berlaku untuk semua surat dalam Al-Quran, termasuk yasin.
Dari shahabat Abu Musa Al-Asy’ari RA berkata, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
“Perumpaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Quran adalah seperti buah Al-Atrujah yang aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Al-Quran adalah seperti buah tamr (kurma) tidak ada aromanya namun rasanya manis.

Keutamaan Surat Yasin: Dianggap sebagai keluarga oleh Allah SWT

Rajin membaca Al-Quran, termasuk surat yasin memiliki keistimewaan yang luar biasa. Salah satunya akan dianggap keluarga oleh Allah SWT. Sebagaimana pemaparan dalam hadist shahih:
”Sesungguhnya Allah SWT mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau ﷺ ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah ﷺ.’ Beliau ﷺ menjawab,’mereka adalah Ahlul Quran, mereka adalah keluarga Allah SWT dan orang-orang khususnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Keutamaan Surat Yasin: Akan memberi syafaat di akhirat kelak

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili RA, saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:
“Bacalah oleh kalian Al-Quran. Karena ia (Al-Quran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim).

Keutamaan Surat Yasin: Dianggap mati syahid

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

Keutamaan Surat Yasin: Akan Diampuni dosa-dosanya

Fadhilah surat yasin yang pertama dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.
“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah RA)

Keutamaan Surat Yasin: Mendapatkan ketenangan hati

Membaca Al-quran sama halnya dengan berdizikir. Dan seseorang yang memperbanyak dizikir maka hatinya akan tenang. Begitulah keutamaan orang-orang yang rajin membaca surat Yasin atau surat lainnya.
Allah Taala berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-raad :28)

Keutamaan Surat Yasin: Terhindar dari siksa kubur

Surat Yasin yang luar biasa diyakini bisa meringankan kita dari siksa kubur yang mengerikan.
Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat yasin maka pada hari itu allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu.
Keutamaan Surat Yasin: Mempermudah sakaratul maut
Membaca surat yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran:
“Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh .”
Disunnahkan membaca surat yasin disamping seseorang yang sedang menghadapi kematian. []

SUMBER:

Ketahuilah! Ini 8 Keutamaan Surat Yasin

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *