Home / Info Dunia Islam / Muslim, Inilah 5 Cara Mencintai Nabi Muhammad ﷺ
muslim,-inilah-5-cara-mencintai-nabi-muhammad-ﷺ

Muslim, Inilah 5 Cara Mencintai Nabi Muhammad ﷺ

Muslim, Inilah 5 Cara Mencintai Nabi Muhammad ﷺ

ADA banyak cara mencintai Nabi Muhammad ﷺ.

Seorang muslim sudah seharusnya mencintai mencintai Nabi Muhammad ﷺ, tidak hanya tentang etika hidupnya, melainkan juga semangat berdakwah hingga ketaatannya kepada Allah SWT. Dalam satu Hadis populer, seorang Arab Badui bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang hari Kiamat . Lalu Nabi menimpali pertanyaan orang Badui itu, “Apa yang engkau persiapkan untuk hari Kiamat ?”

Orang Badui itu menjawab: “Aku tidak menyiapkan untuk hari Kiamat dengan banyaknya salat dan puasa, kecuali aku mencintai Allah dan Rasul-Nya. Mendengar jawaban Badui itu, Rasulullah tidak marah dan justru membenarkan dengan ucapan: “Al-Mar’u Ma’a Man Ahabba (seseorang akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya)”.

Apa sebenarnya cinta itu? Cinta tak bisa dijelaskan dengan kata-kata karena ia lahir dari hati yang suci. Begitulah para sahabat memperlihatkan hakikat cinta sejati kepada baginda Rasulullah ﷺ. Selain memperbanyak shalawat, para Sahabat rela mengorbankan jiwa dan hartanya demi mahabbah (kecintaan) kepada Nabi ﷺ.

Bagi kita selaku umat di akhir zaman ini, bagaimana cara mencintai Nabi Muhammad ﷺ? Berikut terdapat 5 cara Mencintai Nabi Muhammad ﷺ:

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ: Melakukan sunah-sunah Rasul

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ
ilustrasi, foto: unsplash

Umat muslim sudah seharusnya melakukan sunah-sunah yang diajarkan Rasulullah sebagai bukti cinta kepadanya. Itu pula yang harus dilakukan jika umat muslim percaya bahwa Rasulullah merupakan nabi akhir zaman. Adapun sunah-sunah Rasul yang bisa dilakukan secara rutin adalah salat sunah rawatib, sedekah, berzikir, berpuasa, salat malam, membaca Alquran dan lainya.

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ: Perbanyak shalawat

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ
ilustrasi, foto: unsplash

Selanjutnya ada perbanyak shalawat untuk Baginda Nabi Muhammad ﷺ secara rutin. Pasalnya, kelak di akhirat nanti, shalawat tersebut akan mendatangkan manfaat.

“Apabila salah satu di antara kamu (manusia) membaca sholawat, sebaiknya diawali dengan mengagungkan nama Allah ta’ala dan memujinya, setelah itu barulah membaca sholawat kepada nabi, setelah itu barulah dapat berdoa sesuai doa yang dinginkan.” (HR.Ahmad, Abu dawud dan tirmidzi)

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ: Mencintai keluarga, sahabat, dan umat muslim

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ
ilustrasi, foto: unsplash

Sebagai seorang pemimpin besar, Rasulullah sangat mencintai keluarga, sahabat, dan tentunya umatnya. Maka sebagai pengikut, setiap muslim pun harus meniru cara Rasullullah memperlakukan orang-orang yang dicintainya. Selain keluarga dan saudara muslim, umat muslim pun dianjurkan untuk mencintai para Ahlul Bait. Mereka adalah keturunan suci Rasulullah ﷺ yang memiliki ikatan nasab, keturunan Fathimah sampai hari kiamat.

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ: Mempelajari shirah nabawiyah

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ
ilustrasi, foto: unsplash

Umat muslim harus mengetahui sejarah, latar belakang Rasulullah hingga perjuangannya di dalam mempertahankan Islam. Hal-hal seperti ini bisa dipelajari dengan membaca shirah nabawiyah. Shirah Nabawiyah sendiri merupakan rekaman atau rincian seluruh kehidupan Nabi Muhammad ﷺ, dari masa kecil, tentang keluarga, perjuangan pada zaman jahiliah, hingga pengorbanan untuk umatnya. Dengan mempelajari ini, maka akan lebih mudah mengenal dan menerapkan semua hal baik yang pernah Rasulullah lakukan.

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ: Berdoa

Mencintai Nabi Muhammad ﷺ
ilustrasi, foto: unsplash

Berdoalah kepada-Nya, karena Rasulullah pun melakukan hal ini setiap saat. Setelah salat fardhu, umat muslim dianjurkan untuk berzikir terlebih dahulu lalu. Adapun waktu yang mustajab di antaranya di sepertiga malam, waktu antara azan dan iqamah, saat sujud dalam salat, sedang turun hujan, hari Jumat, saat berbuka puasa, dan sebelum salam dalam salat.

Tak kenal maka tak sayang begitulah kata pepatah. Mustahil kita dapat mencintai dan menyayangi Rasulullah ﷺ jika kita tidak mengenalnya dengan baik. Orang yang mengenal baik Rasulullah ﷺ jika dia adalah kawan maka akan semakin menambah eratnya pertemanan. Jika dia lawan yang selalu membenci Rasulullah maka akan berubah menjadi sahabat yang setia.

Jika dia tidak beriman maka akan berubah menjadi beriman kepada beliau ﷺ. Maka membaca dan mempelajari Sirah Nabi adalah keharusan. Karena lewat Sirah tersebutlah kita dapat mengenal Rasulullah lebih dekat. Siapa beliau, bagaimana nasabnya, siapa keluarganya, bagaimana akhlaknya, seperti apa keistimewaannya dan apa saja pesan beliau ketika hidup. Yang bisa disampaikan, semoga membantu. []

Itulah penjelasan mengenai Cara Mencintai Nabi Muhammad ﷺ Yang bisa disampaikan, semoga membantu. []

SUMBER: IDNTIMES | KALAM

Muslim, Inilah 5 Cara Mencintai Nabi Muhammad ﷺ

 

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *