Home / Info Dunia Islam / Pandangan Islam soal Keluarkan Biaya untuk Kucing, dan 5 Cara Merawat Kucing
pandangan-islam-soal-keluarkan-biaya-untuk-kucing,-dan-5-cara-merawat-kucing

Pandangan Islam soal Keluarkan Biaya untuk Kucing, dan 5 Cara Merawat Kucing

Pandangan Islam soal Keluarkan Biaya untuk Kucing, dan 5 Cara Merawat Kucing

MERAWAT atau memelihara kucing adalah hal yang lumrah dilakukan manusia. Namun yang kerap menjadi pertanyaan adalah soal hukum keluarkan biaya untuk kucing. Apakah hal ini termasuk amalan yang sia-sia? Adakah penjelasannya dalam Islam tentang hukum keluarkan biaya untuk kucing?

Seperti kita lihat saat ini, banyak orang yang memelihara kucing, bahkan mengistimewakannya dengan memberikan makanan-makanan yang mahal dan perawatan yang juga mahal. Terkait hal ini, anggota Fatwa Mesir Dar Al Ifta, Dr Muhammad Wissam, memberikan pandangannya.

Pandangan Islam soal Keluarkan Biaya untuk Kucing

Foto: Daily Paws

BACA JUGA: 10 Manfaat Memelihara Kucing dalam Islam

Dilansir dari Elbalad, Dr Muhammad Wissam mengatakan bahwa pengeluaran untuk memelihara kucing tidak menjadi amalan yang sia-sia.

Namun beliau menekankan jika dalam hal ini, setiap pemelihara harus ada keseimbangan dalam pengeluaran supaya tidak jatuh ke dalam lingkaran kebodohan.

Dia juga menekankan, saat seseorang kelebihan harta, kewajiban pertama adalah menolong manusia, lalu boleh dipakai biaya untuk kucing.

Menolong sesama dengan memberikan sebagian harta adalah perbuatan infak fi sabilillah. Jika sudah menolong sesama, barulah boleh menolong hewan-hewan seperti keluarkan biaya untuk kucing.

Harus diingat, kata beliau, memelihara kucing bukanlah salah satu hal yang diharamkan bagi seorang Muslim. Sebagaimana para ulama fikih telah membolehkan seorang Muslim memiliki sesuatu yang halal, didapat dengan cara yang halal dan diperlakukan dengan cara yang sesuai syariat.

Para ulama menyimpulkan kebolehan memelihara kucing dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

إنها لَيْسَتْ بِنَجَسٍ؛ إنها مِنَ الطَّوَّافينَ عليكم والطَّوَّافاتِ)؛

Artinya: “Kucing) tidaklah najis, hanya ia hewan yang seringkali berkeliaran dan mengelilingi (berada di dekat) kalian.”

Bagi kamu yang saat ini memelihara kucing, berikut beberapa cara merawat kucing peliharaan yang sebaiknya kamu lakukan, di antaranya:

1. Beri Perhatian yang Cukup

Jika kamu benar-benar ingin memelihara kucing, pastikan kamu memberikan perhatian yang cukup kepada kucing peliharaan kamu. Kucing pada dasarnya memang mandiri, tetapi kucing tidak cukup mampu untuk merawat dirinya sendiri.

Perhatian yang kita berikan kepada hewan peliharaan sangat penting bahkan mungkin bisa berdampak kepada kesehatan mentalnya. Karena bisa dibayangkan, jika kucing peliharaan yang terus menerus berada di rumah tanpa mempunyai perhatian dari pemeliharanya, mungkin kucing bisa stres.

Pandangan Islam soal Keluarkan Biaya untuk Kucing

Foto: Unsplash

2. Pastikan Kucing Terhidrasi

Kucing domestik tidak memiliki dorongan haus yang sama seperti anjing. Mereka membutuhkan sebagian besar air dari makanan yang mereka konsumsi. Makanan kering rata-rata hanya mengandung lima sampai sepuluh persen air. Oleh sebab itu, berikan kucing makanan basah yang mengandung 70 persen air agar kebutuhan air di dalam tubuhnya terpenuhi.

Pastikan pula kucing mendapatkan akses ke air bersih setiap saat dan bila perlu perhatikan kucing kamu apakah sudah minum lebih banyak saat mereka makan lebih banyak makanan kering. Kucing tua dan menyusui lebih rentan mengalami dehidrasi dibandingkan kucing lain, jadi perhatikan dengan cermat gejala seperti mata cekung, lesu, dan terengah-engah.

3. Berikan Mainan pada Kucing

Penting bagi para pecinta kucing untuk memberikan hewan peliharaannya tersebut mainan, karena pada dasarnya kucing termasuk hewan yang suka bermain. Mainan tikus, tali, bulu, dan bahkan kotak kosong bisa menjadi hiburan yang luar biasa baginya.

Harus diingat, memberikan mainan kepada kucing bukan berarti harus mengeluarkan uang yang banyak. Karena mainan kucing selalu mahal. Bahkan jika kamu kreatif, mainan kucing bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan seadanya.

4. Sisir Bulunya Setiap Hari

Mengapa menyisir bulu kucing itu penting? Menyikat atau menyisir kucing setiap hari akan mengurangi bulu-bulu yang menggumpal. Nah, bulu-bulu yang menggumpal ini, jika tidak disisir, akan tertelan kucing saat ia menjilatnya.

Pandangan Islam soal Keluarkan Biaya untuk Kucing

Foto: Unsplash

BACA JUGA: Doa Kucing untuk Orang yang Menyayanginya

Akibatnya, bulu yang tertelan ini dapat mengganggu saluran pencernaan kucing dan membuat hewan peliharaan kita mengalami muntah-muntah. Jadi, salah satu tanggung jawab memiliki hewan peliharaan adalah pastikan kamu menyempatkan waktu untuk menyikat bulunya setiap hari.

5. Sediakan Tempat Kotoran Kucing

Menyediakan tempat kotoran merupakan salah satu bagian terpenting yang harus diketahui pecinta kucing soal cara merawat kucing. Seperti kita tahu, kotoran adalah sumber penyakit. Jadi setiap kucing peliharaan harus mempunyai tempat untuk buang ari kecil maupun besar. Dan harus dipastikan, tempat kotoran tersebut harus rutin dibersihkan.

Tempat kotak kotoran yang tertutup lebih disarankan. Kebersihan tempat kotoran kucing perlu djaga, demi kenyamanan kucing dan juga sang majikan.

Itulah penjelasan terkait hukum keluarkan biaya untuk kucing dan beberapa tips dalam merawat kucing. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. []

Pandangan Islam soal Keluarkan Biaya untuk Kucing, dan 5 Cara Merawat Kucing

About admin

Check Also

nasibnya-berubah-drastis-setelah-20-tahun-berlalu️-kabar-pemeran-sitkom-legendaris-bajaj-bajuri

NASIBNYA BERUBAH DRASTIS SETELAH 20 TAHUN BERLALU‼️ Kabar Pemeran Sitkom Legendaris Bajaj Bajuri

Penggemar sinetron pasti tak asing lagi dengan serial komedi Bajaj Bajuri. Sinetron yang tayang pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *