Home / Muslim Okezone / Peneliti Oxford Sebut Vaksin Lama Masih Efektif Lawan Omicron
peneliti-oxford-sebut-vaksin-lama-masih-efektif-lawan-omicron

Peneliti Oxford Sebut Vaksin Lama Masih Efektif Lawan Omicron

VARIAN Omicron atau yang memliki kode B.1.1.529 memang cukup menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara. Bahkan, beberapa negara sudah mulai menutup pintu masuk bagi turis asing demi mencegah varian ini masuk.

Apalagi, varian Omicron ini disebut lebih berbahaya dibandingkan varian lainnya, meskipun belum ada peneliatian yang lebih mendalam. Pasalnya, mutasi yang terjadi di varian omicron mencapai 26 mutasi, 2 kali lipat lebih banyak ketimbang varian Delta.

Universitas Oxford merilis pernyataan baru terkait efektivitas vaksin Covid-19 ‘versi lama’ terhadap varian Omicron. Peneliti percaya, vaksin Covid-19 ‘versi lama’ masih cukup kuat melindungi tubuh.

“Meskipun muncul varian baru, termasuk Omicron, vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini masih memberikan tingkat perlindungan yang sangat tinggi terhadap penyakit parah jika terinfeksi dan sejauh ini cukup baik juga terhadap Omicron,” kata juru bicara Oxford University kepada Fox News, dikutip MNC Portal, Rabu (1/12/2021).

Namun, sambung jubir Oxford, jika memang diperlukan ‘update’ vaksin Covid-19 untuk lebih memastikan tingkat perlindungan terhadap varian Omicron, peneliti Oxford menyanggupinya karena memiliki alat dan prosedur yang berkualitas. Jika diperlukan.

“Kami siap memproduksi vaksin Covid-19 versi terbaru jika diperlukan. Menganalisis varian Omicron perlu kehati-hatian yang ekstra karena varian tersebut sangatlah baru dan belum banyak informasi yang tersedia,” ungkap jubir Oxford.

About admin

Check Also

8 Artis Sempat Dibantu Raffi Ahmad, Hutang Dilunasi hingga Diberi Mobil : newzhdus.com

JAKARTA – Belakangan publik ramai memperbincangkan soal kebaikan hati Raffi Ahmad. Selain dikenal sebagai sosok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *